Endpoint Security pada Sistem Keamanan Jaringan

Endpoint Security (Keamanan titik akhir) mencakup strategi dan solusi teknologi yang membantu mengamankan perangkat titik akhir dari ancaman digital dan akses tidak sah. Pada akhirnya, tujuan dari solusi Endpoint Security adalah untuk membantu melindungi perangkat, pengguna, dan bisnis dari hilangnya produktivitas, biaya, dan reputasi.

Endpoint Security pada Sistem Keamanan Jaringan

Apa itu Endpoint Security?

Endpoint Security (Keamanan titik akhir) mengacu pada pengamanan titik akhir, atau perangkat pengguna akhir seperti desktop, laptop, dan perangkat seluler. Titik akhir berfungsi sebagai titik akses ke jaringan perusahaan dan membuat titik masuk yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku jahat.

Perangkat lunak keamanan titik akhir melindungi titik masuk ini dari aktivitas berisiko dan/atau serangan berbahaya. Ketika perusahaan dapat memastikan kepatuhan titik akhir dengan standar keamanan data , mereka dapat mempertahankan kontrol yang lebih besar atas jumlah dan jenis titik akses yang terus bertambah ke jaringan.

Cara kerja alat Endpoint Security

Strategi dan solusi perlindungan titik akhir bertujuan untuk mengamankan titik akhir, baik yang terhubung ke jaringan atau memiliki interkonektivitas sementara.

Perangkat lunak Endpoint Security dapat berupa:

  • Dikelola secara terpusat melalui teknologi tanpa agen
  • Diinstal sebagai klien atau agen pada titik akhir individu
  • Berbasis awan
  • Libatkan kombinasi dari implementasi di atas

Perlindungan bagi konsumen individu berfokus pada teknologi yang diterapkan pada perangkat. Perusahaan, di sisi lain, harus sangat bergantung pada manajemen terpusat di seluruh jaringan perusahaan. Ini memungkinkan administrasi tambalan, perubahan konfigurasi, penyebaran pembaruan kebijakan, pengumpulan log, dan banyak lagi.

Mengapa Endpoint Security itu penting

Platform perlindungan titik akhir adalah bagian penting dari keamanan siber perusahaan untuk beberapa alasan. Pertama-tama, di dunia bisnis saat ini, data adalah aset paling berharga dari sebuah perusahaan – dan kehilangan data tersebut, atau akses ke data tersebut dapat membuat seluruh bisnis berisiko bangkrut.

Bisnis juga harus bersaing tidak hanya dengan meningkatnya jumlah titik akhir, tetapi juga peningkatan jumlah jenis titik akhir. Faktor-faktor ini membuat keamanan titik akhir perusahaan lebih sulit sendiri, tetapi ditambah dengan kerja jarak jauh dan kebijakan BYOD (bawa perangkat Anda sendiri) – yang membuat keamanan perimeter semakin tidak mencukupi dan menciptakan kerentanan.

Lanskap ancaman juga menjadi lebih rumit: Peretas selalu menemukan cara baru untuk mendapatkan akses, mencuri informasi, atau memanipulasi karyawan untuk memberikan informasi sensitif.

Manfaat Endpoint Security

Dengan perpaduan yang tepat dari alat Endpoint Security, strategi, dan teknologi yang disesuaikan dengan lingkungannya, organisasi dapat mewujudkan setidaknya beberapa manfaat berbeda:

Tingkatkan keamanan

Ini adalah manfaat yang paling jelas. Menegakkan hak istimewa paling rendah dan mengelola kerentanan secara drastis mengurangi permukaan ancaman. Menerapkan kontrol akses JIT memadatkan jendela ancaman. Menggunakan alat berbasis tanda tangan menjaga titik akhir tetap aman dari ancaman yang diketahui. Menerapkan strategi berlapis ini secara drastis menurunkan risiko insiden keamanan dan pelanggaran data yang mungkin timbul dari ancaman eksternal atau internal.

Tingkatkan kinerja Endpoint

Menghilangkan hak istimewa yang berlebihan dan perangkat pengerasan berarti lebih sedikit kesalahan konfigurasi, ketidakcocokan, insiden keamanan, dan masalah lain yang dapat menyebabkan gangguan. Mencegah infeksi malware atau titik akhir yang disusupi oleh pengguna yang tidak sah juga melindungi dari ketidakstabilan titik akhir.

Menyederhanakan kepatuhan dan kemampuan mendengar

Membatasi fitur dengan hak istimewa paling rendah dan praktik pengerasan mengurangi kompleksitas titik akhir. Hal ini juga memudahkan untuk melakukan kegiatan audit dan membuktikan kepatuhan. Menerapkan kontrol keamanan seperti pemantauan sesi dan manajemen dan penilaian kerentanan juga dapat memberikan visibilitas dan pelaporan instan yang diperlukan untuk upaya kepatuhan. Semakin erat sistem titik akhir terintegrasi, dan semakin baik visibilitas di seluruh alam semesta titik akhir, semakin mudah jalur menuju kepatuhan.

Aktifkan perusahaan

Postur keamanan cyber Endpoint yang kuat memungkinkan perusahaan dalam beberapa cara. Dengan alat yang tepat, TI dapat dengan aman mengaktifkan lebih banyak jenis titik akhir dan infrastruktur yang beragam. Ini juga dapat memberdayakan Anda untuk mengejar perubahan yang memungkinkan bisnis bagi lingkungan, termasuk peluncuran teknologi baru. Misalnya, organisasi dengan perlindungan titik akhir yang kuat sangat siap untuk peralihan seismik ke pekerjaan jarak jauh selama pandemi virus corona. Postur keamanan siber juga semakin dinilai sebelum menjalin kemitraan dengan perusahaan lain. Postur keamanan siber juga dievaluasi saat perusahaan menjalani proses akuisisi. Perusahaan yang mengakuisisi semakin sensitif terhadap kejutan keamanan negatif.

Bagaimana mengamankan dan mengelola Endpoint?

Untuk mengamankan Endpoint, TI perlu memastikan bahwa perangkat hanya dapat mengakses jaringan atau sumber daya perusahaan Anda jika digunakan oleh pengguna yang berwenang untuk tugas yang disetujui. Meskipun alat keamanan akses seperti autentikasi dua faktor dapat membantu mencegah pengguna yang tidak sah menggunakan titik akhir untuk mengakses data sensitif, penting juga untuk dapat mengelola titik akhir untuk melindungi dari pelaku jahat internal.

Untuk mengelola Endpoint, TI harus dapat memantau aktivitas pengguna melalui titik akhir tersebut dan mengenali apakah pengguna berperilaku mencurigakan – sebelum mereka menyebabkan pelanggaran data. Karena banyaknya titik akhir di sebagian besar organisasi, penting bagi TI untuk memantau dan mengelola semua titik akhir dari satu konsol pusat. Selain itu, mengambil pendekatan proaktif untuk manajemen titik akhir seringkali memerlukan pembelajaran mesin dan analisis perilaku untuk menghentikan pelaku kejahatan dengan segera dan otomatis.

Pengertian Network Time Protocol (NTP)

Kesimpulan

Saat ini, solusi Endpoint Security telah berkembang jauh dari antivirus dan firewall tradisional. Mereka menyediakan serangkaian pertahanan yang lebih luas untuk mengatasi serangan malware yang dikenal dan tidak dikenal, eksploitasi keamanan, dan konsekuensi pasca-intrusi.

Dengan peningkatan substansial dalam jumlah pekerja jarak jauh dan lapangan, lebih banyak titik akhir yang terpapar pada penyerang. Ini meningkatkan ‘permukaan pelindung’ dari lingkungan kantor tradisional ke titik akhir yang didistribusikan di seluruh dunia. Jadi, dengan menerapkan sistem keamanan titik akhir, Anda dapat memastikan bahwa semua titik akhir, termasuk perangkat milik karyawan, dilindungi dari akses tidak sah dan potensi serangan siber. Ini akan melindungi data berharga perusahaan Anda dan membantu menjaga reputasinya di industri.


Anda telah membaca materi pembahasan singkat tentang "Endpoint Security pada Sistem Keamanan Jaringan" yang telah dipublikasikan oleh Pemain Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Pemain Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *