Pengertian Network Time Protocol (NTP)

Network Time Protocol

Jam sistem komputer menunjukkan kepada pengguna jam berapa sekarang dengan cepat dan nyaman. Waktu sistem relevan tidak hanya untuk pengguna tetapi juga untuk komputer itu sendiri. Stempel waktu memainkan peran penting dalam komunikasi antara dua atau lebih sistem, dan juga dalam aliran proses atau layanan lintas jaringan yang benar. Untuk mencegah komplikasi sistem karena waktu sistem yang berbeda, yang disebut Network Time Protocol (NTP) atau Protokol Waktu Jaringan yang diterbitkan pada tahun 1985.

Apa itu Network Time Protocol (NTP)?

Network Time Protocol (NTP) atau Protokol Waktu Jaringan adalah protokol untuk menyinkronkan jam sistem komputer melalui packet-switched, jaringan data latensi variabel; pada dasarnya menjaga perangkat jaringan pada jam yang sama dengan menolak efek latensi variabel menggunakan buffer jitter.

Pentingnya Jam Jaringan yang Disinkronkan

Sistem komputer terdistribusi mengandalkan jam terkoordinasi untuk menjamin urutan proses yang benar dan pencatatan kejadian yang akurat. Waktu adalah satu-satunya referensi yang dapat digunakan untuk mengkoordinasikan proses sistem independen.

Di banyak yurisdiksi, untuk aplikasi tertentu, merupakan persyaratan hukum untuk menyinkronkan sistem komputer secara akurat. Misalnya, undang-undang mengharuskan jam bisnis sistem perdagangan keuangan disinkronkan dengan sangat ketat. Untuk alasan operasional dan seringkali hukum, koordinasi waktu sistem komputer modern sangat penting.

Cara kerja Protokol Waktu Jaringan

Tiga langkah berikut terlibat dalam proses sinkronisasi waktu NTP:

  • Klien NTP memulai pertukaran permintaan waktu dengan server NTP.
  • Klien kemudian dapat menghitung penundaan tautan dan offset lokalnya dan menyesuaikan jam lokalnya agar sesuai dengan jam di komputer server.
  • Sebagai aturan, enam pertukaran selama sekitar lima hingga 10 menit diperlukan untuk mengatur jam pada awalnya.

Setelah disinkronkan, klien memperbarui jam sekitar sekali setiap 10 menit, biasanya hanya membutuhkan satu pertukaran pesan, selain sinkronisasi klien-server. Transaksi ini terjadi melalui User Datagram Protocol (UDP) pada port 123. NTP juga mendukung sinkronisasi siaran jam komputer rekan.

Fitur Protokol Waktu Jaringan

  • Server NTP memiliki akses ke jam atom dan jam GPU yang sangat presisi.
  • Menggunakan Coordinated Universal Time (UTC) untuk menyinkronkan waktu jam CPU.
  • Menghindari bahkan memiliki sebagian kecil dari kerentanan dalam komunikasi pertukaran informasi.
  • Menyediakan ketepatan waktu yang konsisten untuk server file.’

Apa itu UTC dan Bagaimana Cara Memutuskannya?

Network Time Protocol menggunakan Coordinated Universal Time (UTC) untuk menyinkronkan waktu jam CPU. UTC adalah standar yang telah disepakati dunia sebagai dasar waktu sipil. Ini adalah hasil dari proses penemuan, revisi, dan kolaborasi selama beberapa dekade, selama waktu itu standar berpindah dari Greenwich Mean Time (GMT) ke Waktu Atom (TAI), ke UTC.

Yang penting, UTC adalah standar waktu, bukan zona waktu, yang berarti sama di seluruh dunia dan tidak terpengaruh oleh musim panas. Zona waktu dinyatakan sesuai dengan offsetnya dari UTC (+/- jumlah jam). UTC dipertahankan dengan membandingkan lebih dari 200 jam atom yang terletak di seluruh dunia. Bureau International des Poids et Measures (BIPM), di Prancis, bertanggung jawab untuk menyusun data ini dan menghasilkan UTC definitif.

Apa itu tingkat strata?

Derajat pemisahan dari sumber UTC didefinisikan sebagai strata. Berbagai strata tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Stratum 0. Jam referensi menerima waktu sebenarnya dari pemancar khusus atau sistem navigasi satelit. Ini dikategorikan sebagai strata 0.
  • Stratum 1. Perangkat terhubung langsung ke jam referensi.
  • Stratum 2. Perangkat menerima waktunya dari komputer strata 1.
  • Stratum 3. Perangkat menerima waktunya dari komputer stratum 2.

Peringkat strata berlanjut dari sana. Akurasi berkurang dengan setiap tingkat pemisahan tambahan.

Dari segi keamanan, Network Time Protocol telah mengetahui kerentanannya. Protokol dapat dieksploitasi dan digunakan dalam serangan penolakan layanan karena dua alasan: Pertama, protokol membalas paket dengan alamat IP sumber palsu ; kedua, setidaknya satu dari perintah bawaannya mengirim balasan panjang ke permintaan singkat.

Sejarah Internet dan WWW

Kesimpulan

Network Time Protocol menyediakan bisnis dan organisasi dengan metode sinkronisasi waktu yang andal, ramah pengguna, dan hemat biaya.

Ini adalah salah satu protokol internet tertua yang masih digunakan dan, meskipun sekarang dalam versi empat, mempertahankan banyak prinsip yang membuatnya begitu populer di tahun-tahun awalnya.

Dengan menghubungkan perangkat jaringan Anda ke server waktu, yang menerima sinyal dari sumber waktu yang pasti, Anda dapat menikmati manfaat waktu yang tepat di lokasi mana pun, meningkatkan produktivitas, meningkatkan layanan pelanggan, dan menyinkronkan operasi Anda.

 

Anda telah membaca materi pembahasan singkat tentang "Pengertian Network Time Protocol (NTP)" yang telah dipublikasikan oleh Pemain Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *