Alasan Integritas Data itu Penting

Integritas Data

Data tidak lebih dari kata lain untuk informasi. Data adalah salah satu aset paling berharga dari perusahaan mana pun. Banyak yang mengklaim bahwa itu mengubah wajah dunia. Data dapat membantu perusahaan mendapatkan keuntungan dalam beberapa cara. Ini dapat membantu mereka meningkatkan pendapatan mereka. Mereka dapat menggunakannya untuk membangun diri mereka lebih efisien atau menargetkan audiens mereka dengan iklan yang dipersonalisasi. Mereka bahkan dapat menemukan obat untuk suatu penyakit. Semakin baik kualitas data yang dimiliki perusahaan, semakin besar kemungkinannya untuk menjadi sukses. Di sinilah integritas data menjadi kunci.

Apa itu Integritas Data?

Integritas data adalah akurasi, kelengkapan, dan kualitas data karena dipertahankan dari waktu ke waktu dan lintas format. Menjaga integritas data perusahaan Anda adalah proses yang konstan.

Perlu dicatat bahwa integritas data tidak sama dengan keamanan data, meskipun kedua konsep tersebut terkait. Keamanan data melibatkan perlindungan data dari ancaman eksternal dan internal dan menjaga privasi subjeknya. Ini berkontribusi pada integritas data dengan memastikan ancaman tersebut tidak membahayakannya.

Mengapa Integritas Data penting?

Organisasi Anda kemungkinan besar dibanjiri oleh kumpulan data yang besar dan kompleks dari banyak sumber, baik data historis maupun data streaming waktu nyata. Dan Anda ingin membuat keputusan berdasarkan data dengan percaya diri yang meningkatkan kinerja bisnis Anda.

Data yang salah atau tidak lengkap dapat menyebabkan keputusan buruk yang dapat menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya yang signifikan. Selain itu, hilangnya data sensitif – terutama jika berakhir di tangan penjahat – dapat menimbulkan dampak negatif yang berkepanjangan dan luas.

Berikut adalah manfaat utama dari membangun dan memelihara integritas data sebagai bagian dari kerangka kerja tata kelola data Anda:

  • Mendukung wawasan dan keputusan data yang akurat.
  • Melindungi informasi pelanggan Anda dan subjek data lainnya seperti informasi pengenal pribadi (PII), catatan keuangan, dan data penggunaan.
  • Membantu memastikan kepatuhan terhadap peraturan seperti Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR).

Jenis Integritas Data

  • Fisik: Berlaku untuk hard copy dan file digital, terutama dalam bencana (misalnya, banjir, kebakaran, pemadaman listrik), yang terkait dengan pengamanan data selama penyimpanan dan pengambilan
  • Entitas: Berfokus pada karakteristik tabel yang digunakan untuk menyimpan dan menghubungkan data dalam database relasional
  • Domain: Dalam database, mengacu pada nilai yang sesuai yang mungkin berisi kolom (misalnya, kendala pada format atau jumlah data yang dimasukkan)
  • Referensial: Seperangkat prosedur tentang bagaimana data harus disimpan dan digunakan untuk memastikan konsistensi dan akurasi serta mencegah duplikasi, atau melarang masuknya data yang tidak berlaku
  • Ditentukan pengguna: Aturan dan batasan yang dibuat oleh pengguna untuk memenuhi persyaratan khusus mereka
  • Logis: Melindungi data saat digunakan dalam basis data relasional

Risiko integritas data

Berbagai macam faktor dapat mempengaruhi integritas data yang disimpan dalam database. Beberapa contoh antara lain sebagai berikut:

  • Kesalahan manusia: Ketika individu memasukkan informasi secara tidak benar, menggandakan atau menghapus data, tidak mengikuti protokol yang sesuai, atau membuat kesalahan selama penerapan prosedur yang dimaksudkan untuk melindungi informasi, integritas data berada dalam bahaya.
  • Kesalahan transfer: Ketika data tidak berhasil ditransfer dari satu lokasi di database ke yang lain, kesalahan transfer telah terjadi. Kesalahan transfer terjadi ketika sepotong data ada di tabel tujuan, tetapi tidak di tabel sumber di database relasional.
  • Bug dan virus: Spyware, malware , dan virus adalah bagian dari perangkat lunak yang dapat menyerang komputer dan mengubah, menghapus, atau mencuri data.
  • Perangkat keras yang disusupi : Komputer atau server yang tiba-tiba mogok, dan masalah dengan fungsi komputer atau perangkat lain adalah contoh kegagalan yang signifikan dan mungkin merupakan indikasi bahwa perangkat keras Anda telah disusupi. Perangkat keras yang disusupi dapat membuat data menjadi tidak benar atau tidak lengkap, membatasi atau menghilangkan akses ke data, atau membuat informasi sulit digunakan.

Cara memastikan Integritas Data

Mencegah masalah dan risiko di atas bergantung pada pelestarian integritas data melalui proses seperti:

Validasi Masukan

Entri data harus divalidasi dan diverifikasi untuk memastikan keakuratannya. Memvalidasi input penting ketika data disediakan oleh sumber yang dikenal dan tidak dikenal, seperti aplikasi, pengguna akhir, dan pengguna jahat.

Hapus Data Duplikat

Penting untuk memastikan bahwa data sensitif yang disimpan dalam database aman tidak dapat diduplikasi ke dokumen, email, folder, atau spreadsheet yang tersedia untuk umum. Menghapus data duplikat dapat membantu mencegah akses tidak sah ke data penting bisnis atau informasi pengenal pribadi (PII).

Data Cadangan

Cadangan data sangat penting untuk keamanan dan integritas data. Mencadangkan data dapat mencegahnya hilang secara permanen dan harus dilakukan sesering mungkin. Pencadangan data sangat penting bagi organisasi yang mengalami serangan ransomware , memungkinkan mereka untuk memulihkan versi terbaru dari database dan dokumen mereka.

Kontrol Akses

Menerapkan kontrol akses yang tepat juga penting untuk menjaga integritas data. Ini bergantung pada penerapan pendekatan yang paling tidak memiliki hak istimewa untuk akses data, yang memastikan pengguna hanya dapat mengakses data, dokumen, folder, dan server yang mereka perlukan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan sukses. Ini membatasi kemungkinan peretas dapat menyamar sebagai pengguna dan mencegah akses tidak sah ke data.

Selalu Simpan Jejak Audit

Jika terjadi pelanggaran, organisasi harus dapat dengan cepat menemukan sumber kejadian tersebut. Jejak audit memungkinkan bisnis untuk melacak apa yang terjadi dan bagaimana pelanggaran terjadi, dan kemudian menemukan sumber serangan.

Pengertian Keamanan Siber

Kesimpulan

Integritas data bukanlah proses satu kali yang mudah. Sebaliknya, ini adalah prosedur berkelanjutan yang memerlukan komitmen rutin untuk memastikan bahwa informasi perusahaan Anda aman dan akurat. Selain kepatuhan terhadap peraturan, integritas data memiliki banyak manfaat lain bagi perusahaan Anda. Misalnya, ini memungkinkan Anda untuk memiliki akses ke data yang dapat diandalkan untuk membuat keputusan bisnis.

Selain itu, integritas data berarti Anda memiliki kumpulan data yang dapat dipercaya, dan Anda dapat memulihkan atau melacak informasi kembali ke asalnya bila diperlukan. Ada begitu banyak risiko dan faktor yang dapat dengan mudah mengubah atau merusak data Anda, jadi penting untuk memastikan bahwa Anda menjaga integritas data melalui sistem keamanan data yang kuat untuk memastikan kualitas data.

Anda telah membaca materi pembahasan singkat tentang "Alasan Integritas Data itu Penting" yang telah dipublikasikan oleh Pemain Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *