Bandwidth dalam Jaringan itu Penting

Bandwidth dalam Jaringan

Dengan semakin pentingnya aspek online dan digital dari sebuah bisnis, mungkin sulit untuk mengikuti terminologi teknologi. Sangat penting untuk memiliki situs web Anda dalam lanskap bisnis saat ini, apa pun bidang Anda. Istilah yang mungkin sering Anda temui adalah bandwidth. Jadi apa itu bandwidth, dan bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja jaringan?

Apa itu Bandwidth dalam Jaringan?

Bandwidth, atau tepatnya bandwidth jaringan, adalah kecepatan maksimum di mana transfer data terjadi di setiap jalur jaringan tertentu. Bandwidth adalah ukuran jumlah data yang dapat dikirim dan diterima setiap saat. Itu berarti bahwa semakin tinggi bandwidth suatu jaringan, semakin besar jumlah data yang dapat dikirim jaringan ke dan dari seluruh jalurnya.

Berhati-hatilah untuk tidak membingungkan bandwidth dengan istilah yang terkait erat seperti kecepatan data dan throughput. Bandwidth adalah sesuatu yang berhubungan dengan pengukuran kapasitas dan bukan kecepatan transfer data.

Cara kerja bandwidth

Semakin banyak bandwidth yang dimiliki koneksi data, semakin banyak data yang dapat dikirim dan diterima pada satu waktu. Secara konsep, bandwidth dapat dibandingkan dengan volume air yang dapat mengalir melalui pipa.

Semakin lebar diameter pipa, semakin banyak air yang dapat mengalir melaluinya pada satu waktu. Bandwidth bekerja dengan prinsip yang sama. Semakin tinggi kapasitas tautan komunikasi, semakin banyak data yang dapat mengalir melaluinya per detik.

Biaya koneksi jaringan naik seiring dengan peningkatan bandwidth. Dengan demikian, tautan Dedicated Internet Access (DIA) 1 gigabit per detik (Gbps) akan lebih mahal daripada tautan yang dapat menangani throughput 250 megabit per detik (Mbps).

Mengapa bandwidth itu penting

Bandwidth bukanlah sumber daya yang tidak terbatas. Di lokasi penerapan mana pun, seperti rumah atau bisnis, hanya ada begitu banyak kapasitas yang tersedia. Terkadang, hal ini disebabkan oleh keterbatasan fisik perangkat jaringan internet, seperti router atau modem, pemasangan kabel, atau frekuensi nirkabel yang digunakan. Di lain waktu, bandwidth sengaja dibatasi oleh administrator jaringan atau internet atau operator jaringan area luas (WAN).

Beberapa perangkat yang menggunakan koneksi yang sama harus berbagi bandwidth. Beberapa perangkat, seperti TV yang melakukan streaming video 4K, adalah babi bandwidth. Sebagai perbandingan, webinar biasanya menggunakan bandwidth yang jauh lebih sedikit. Meskipun kecepatan dan bandwidth tidak dapat dipertukarkan, bandwidth yang lebih besar sangat penting untuk mempertahankan kecepatan yang dapat ditoleransi pada beberapa perangkat.

Berapa banyak bandwidth yang dibutuhkan?

Anda dapat menggunakan teknik ini untuk menguji throughput, latensi, dan jitter antara berbagai titik di jaringan Anda, termasuk antara titik akhir dan gateway internet Anda, memberi Anda gambaran yang jelas tentang setiap hambatan yang harus diatasi.

Berbekal informasi ini, Anda dapat menangani chokepoint di infrastruktur LAN Anda dan memastikan Anda menggunakan bandwidth seefisien mungkin. Kemudian lihat peta jalan TI Anda untuk menentukan apakah Anda memiliki kapasitas yang cukup untuk mendukung perubahan yang direncanakan.

Nilai setiap aplikasi sesuai dengan persyaratan throughput yang diproyeksikan per pengguna dan kalikan ini dengan jumlah pengguna bersamaan yang diharapkan.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda tidak memiliki cukup throughput untuk mendukung rencana Anda? Membeli lebih banyak bandwidth area lebar adalah langkah yang jelas. Ada juga opsi potensial lainnya, termasuk optimasi WAN, yang menggunakan teknik deduplikasi, kompresi, dan caching untuk memeras lebih banyak dari pipa yang tersedia.

Pilihan lainnya termasuk teknologi kualitas layanan (QoS) untuk memprioritaskan lalu lintas yang sensitif terhadap latensi dan aplikasi yang lebih penting seperti VoIP dan konferensi video.

Jika Anda membutuhkan lebih banyak bandwidth WAN, ada baiknya memeriksa profil penggunaan jaringan Anda sebelum menegosiasikan kontrak Anda. Jika lalu lintas hanya mencapai puncak di atas ambang batas yang dapat diterima pada waktu tertentu, pertimbangkan kontrak bandwidth sesuai permintaan yang memungkinkan pelanggan meledakkan lalu lintas selama periode puncak.

Terakhir, ada baiknya menguji throughput jaringan Anda lebih dari sekali. Coba ambil sampel tes beberapa kali selama 24 jam untuk menghasilkan rata-rata. Ini juga akan mengingatkan Anda untuk setiap variasi besar yang dapat menunjukkan masalah antara Anda dan penyedia Anda.

Melakukan tes ini setiap beberapa bulan akan memungkinkan Anda untuk membuat tren throughput jaringan Anda dari waktu ke waktu, mengingatkan Anda tentang masalah jaringan yang muncul sebelum menjadi masalah.

Cara memantau bandwidth jaringan

Administrator jaringan dapat menggunakan solusi pemantauan yang dikembangkan secara eksplisit untuk pemantauan bandwidth untuk mengelola dan memantau bandwidth jaringan. Beberapa solusi menawarkan pemantauan bandwidth sebagai kemampuan dalam solusi pemantauan jaringan mereka yang lebih luas.

Menggunakan solusi ini dapat mengurangi jumlah alat yang diperlukan untuk memantau dan mengelola jaringan organisasi. Alat lain mungkin menawarkan solusi khusus untuk pemantauan dan manajemen bandwidth.

Solusi pemantauan bandwidth jaringan yang komprehensif akan membantu Anda:

  • Pantau dan analisis lalu lintas jaringan secara real-time
  • Identifikasi lalu lintas yang terkait dengan kegiatan non-bisnis
  • Identifikasi masalah jaringan dan bandwidth yang menyebabkan kemacetan bandwidth
  • Terapkan kebijakan untuk memastikan kualitas layanan dan memprioritaskan alokasi bandwidth untuk aplikasi dan proses yang sangat penting
  • Menilai kualitas jaringan dengan memantau throughput dan kecepatan jaringan secara berkala
  • Terapkan pembatasan bandwidth untuk aktivitas dan pengguna yang tidak penting untuk menghindari bandwidth hog
  • Dapatkan visibilitas penggunaan bandwidth dalam hal subnet, kumpulan IP, protokol, pengguna, titik akhir, dan aplikasi
  • Analisis pola lalu lintas dan data historis untuk mengidentifikasi pemanfaatan yang kurang atau pemanfaatan yang berlebihan
  • Mengidentifikasi dan mungkin memblokir lalu lintas yang dihasilkan dari aktivitas jahat
  • Hasilkan laporan penggunaan untuk membantu komunikasi yang lebih baik dan menunjukkan manajemen bandwidth yang efisien dan persyaratan apa pun untuk meningkatkan kapasitas secara keseluruhan

Endpoint Security pada Sistem Keamanan Jaringan

Cara meningkatkan Bandwidth untuk situs bisnis Anda

Cara terbaik untuk meningkatkan bandwidth situs web bisnis Anda adalah dengan berinvestasi di  server khusus. Sebuah dedicated server memastikan bahwa seluruh server akan dikhususkan hanya untuk situs Anda, memberi Anda personalisasi, keamanan, dan bandwidth yang Anda butuhkan untuk menjaga situs Anda berjalan pada tingkat yang optimal.

Anda telah membaca materi pembahasan singkat tentang "Bandwidth dalam Jaringan itu Penting" yang telah dipublikasikan oleh Pemain Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *