Cara Kerja dan Manfaat Manajemen Cloud

Sama seperti memiliki pengawasan dan kontrol administratif di tempat fisik, Anda memerlukan sesuatu yang serupa untuk semua aktivitas berbasis cloud dan virtualisasi. Tanpa pengawasan seperti itu, maka segala sesuatunya bisa menjadi kacau dan membingungkan, dan itu dapat memiliki efek negatif yang serius pada bisnis Anda. Memahami manajemen cloud sangat penting untuk kerja yang efisien.

Manajemen Cloud

Apa itu Manajemen Cloud?

Manajemen cloud adalah pengawasan terorganisir, kontrol, administrasi, dan pemeliharaan cloud publik, cloud pribadi, atau lebih umum, infrastruktur, layanan, dan sumber daya komputasi multi-cloud hybrid (publik dan pribadi). Ini memberi tim TI pegangan yang kuat atas lingkungan komputasi awan yang skalabel dan dinamis.

Layanan manajemen cloud menggabungkan berbagai teknologi dan produk untuk menghadirkan strategi dan proses yang kohesif dan konsisten. Administrator dapat mengatur pengiriman dan pengelolaan infrastruktur cloud, aplikasi, data, layanan, dan kontrol akses. Mereka dapat mengakses sumber daya, mengotomatisasi proses, membuat perubahan sesuai kebutuhan, dan memantau pemanfaatan dan biaya.

Organisasi semakin menyebarkan aplikasi perusahaan ke cloud untuk mengurangi investasi awal yang tinggi yang seharusnya mereka lakukan untuk infrastruktur di tempat. Lingkungan cloud publik menyediakan daya komputasi dan penyimpanan data sesuai permintaan yang konsisten dengan permintaan data dan layanan yang terus meningkat dan berfluktuasi. Melalui manajemen layanan cloud, administrator mengawasi aktivitas cloud mulai dari penyebaran dan pemanfaatan sumber daya hingga manajemen siklus hidup sumber daya, integrasi data, dan pemulihan bencana.

Cara Kerja Manajemen Cloud

Perangkat lunak manajemen cloud dapat mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk keputusan yang tepat tentang apa yang harus disimpan di cloud pribadi dan apa yang harus dipindahkan ke cloud publik , dan dapat memantau hasil keputusan tersebut untuk mengoptimalkan cloud hybrid dan manajemen multi-cloud. Banyak bisnis mengembangkan alat internal mereka untuk manajemen cloud pribadi atau hybrid.

Penyedia cloud publik biasanya menawarkan alat perangkat lunak mereka untuk memantau, mengamankan, dan mengelola biaya penawaran cloud mereka. Namun, alat ini jarang menawarkan wawasan tentang kinerja, alih-alih tetap berpegang pada pelaporan dasar. Alat pihak ketiga yang dirancang untuk membantu mengelola layanan cloud publik menjadi penting jika organisasi menggunakan beberapa cloud publik yang semuanya memiliki alat manajemen cloud miliknya.

Administrator TI dapat menggunakan alat perangkat lunak manajemen cloud pribadi untuk mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien. Misalnya, manajer TI mungkin menggunakan alat manajemen cloud untuk menerapkan kuota sumber daya berbasis pengguna guna memastikan bahwa satu pengguna tidak membebani server dengan permintaan beban kerja yang besar. Administrator juga dapat menggunakan data yang diperoleh dari pemantauan sumber daya untuk memprediksi dan merencanakan lonjakan permintaan sumber daya.

Mengapa Manajemen Cloud penting?

Perusahaan lebih mungkin untuk meningkatkan kinerja komputasi awan, keandalan, pengendalian biaya, dan kelestarian lingkungan ketika mereka mematuhi praktik pengoptimalan awan yang terbukti benar.

Ada banyak cara untuk mendekati manajemen cloud, dan mereka idealnya diimplementasikan secara bersamaan. Alat pemantauan biaya dapat membantu toko TI menavigasi model penetapan harga vendor yang kompleks. Aplikasi berjalan lebih efisien saat menggunakan alat pengoptimalan kinerja dan dengan arsitektur yang dirancang dengan metodologi yang telah terbukti. Banyak dari alat dan strategi ini cocok dengan strategi arsitektur ramah lingkungan untuk menurunkan konsumsi energi. Keputusan manajemen cloud pada akhirnya harus bergantung pada prioritas dan tujuan perusahaan individu, karena tidak ada pendekatan tunggal.

Manfaat Manajemen Cloud

Strategi manajemen cloud yang solid adalah komponen penting dari manajemen biaya, dan juga dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi TI. Ini memberikan manfaat tambahan berikut:

Otomasi Pervasif

Manajemen aplikasi cloud menghilangkan intervensi manual dari tugas rutin dan alur kerja dengan mengotomatiskan penyediaan dan pemeliharaan sumber daya melalui model atau cetak biru. Kebijakan bisnis diubah menjadi langkah-langkah virtual yang kemudian dikonfigurasikan ke dalam platform manajemen cloud. Penyediaan infrastruktur cloud dan sumber daya aplikasi perusahaan berdasarkan izin dan kebijakan yang telah ditentukan sebelumnya. Perangkat lunak manajemen cloud dapat mendeteksi masalah, menyelesaikannya, menghasilkan laporan, dan mengirim pemberitahuan ke administrator, semuanya tanpa campur tangan manusia. Otomatisasi mengurangi kesalahan sekaligus meningkatkan efisiensi.

Menginformasikan strategi cloud yang optimal

Manajemen cloud dapat memberikan wawasan tentang pengalaman pengguna serta menganalisis beban kerja yang sedang diproses di cloud. Menggunakan alat analisis cloud sebagai bagian dari strategi manajemen memungkinkan organisasi untuk menyeimbangkan beban kerja secara lebih efisien dan membuat rencana yang lebih baik untuk kapasitas yang tepat. Jenis analisis ini juga dapat membantu organisasi membuat keputusan yang tepat tentang apakah akan menggunakan cloud publik, privat, atau hybrid untuk kebutuhan yang berbeda dan seperti apa keseimbangan optimal di antara cloud tersebut.

Fleksibilitas

Pelanggan menuntut berbagai fasilitas dan menginginkan CPU, memori, ruang disk, atau konfigurasi jaringan. Fasilitas ini harus ramah pelanggan dan harus memberikan fleksibilitas maksimum kepada pelanggan. Pelanggan dapat memodifikasi apa yang mereka butuhkan untuk penyediaan layanan mandiri dan menghilangkan perangkat keras yang mahal. Manajemen cloud juga memberikan fleksibilitas sehingga pelanggan harus membayar hanya untuk apa yang telah mereka gunakan.

Keamanan dan Kepatuhan

Metode untuk melindungi sumber daya berbasis cloud bervariasi di antara layanan cloud meskipun semuanya mengikuti prinsip tanggung jawab bersama. Manajemen cloud menyederhanakan proses pemantauan keamanan untuk aplikasi dan layanan berbasis cloud. Organisasi dapat menjaga kepastian kepatuhan dengan mematuhi peraturan dan standar yang relevan seperti GDPR , HIPAA , dan PCI DSS serta kebijakan internal seperti enkripsi email cloud. Ini mendorong kepatuhan tata kelola sekaligus memberikan kepercayaan kepada pengembang bahwa mereka bekerja dalam batas-batas aturan dan hukum.

Platform Manajemen Cloud

Ada beberapa alasan mengapa lebih banyak organisasi perusahaan mengadopsi model komputasi awan dan berlangganan infrastruktur sebagai layanan (IaaS). Alasan pertama dan terpenting adalah pengurangan biaya. Jauh lebih murah untuk menyewa kapasitas penyimpanan data dan pihak komputasi dari pihak ketiga berdasarkan kebutuhan daripada mengembangkan kemampuan yang sama secara internal.

Proliferasi teknologi cloud di lingkungan bisnis telah mengubah cara CIO dan manajer TI harus mendekati pengelolaan biaya TI, kepatuhan, keamanan, dan manajemen aset. Implementasi solusi perangkat lunak platform manajemen cloud memudahkan CIO perusahaan untuk mempertahankan kendali atas ekosistem teknologi komputasi awan yang semakin berbeda.

Platform manajemen cloud adalah solusi perangkat lunak yang karakteristik utamanya adalah serangkaian API yang kuat dan ekstensif yang memungkinkannya menarik data dari setiap sudut infrastruktur TI. CPM memungkinkan organisasi TI untuk menetapkan pendekatan terstruktur terhadap keamanan dan tata kelola TI yang dapat diterapkan di seluruh lingkungan cloud organisasi.

Alasan Integritas Data itu Penting

Kesimpulan

Solusi manajemen cloud dibuat untuk mengurangi kompleksitas dan menyediakan platform yang mudah digunakan bagi tim TI dengan UI yang kaya untuk menyederhanakan manajemen keseluruhan dari kawasan TI hybrid. Ini memastikan bahwa pengambilan keputusan dipercepat karena informasi tersedia secara real-time.

 

Anda telah membaca materi pembahasan singkat tentang "Cara Kerja dan Manfaat Manajemen Cloud" yang telah dipublikasikan oleh Pemain Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *