Mengenal Komputasi Tanpa Server

Komputasi Tanpa Server

Komputasi tanpa server adalah metode penyediaan layanan backend berdasarkan penggunaan. Server masih digunakan, tetapi perusahaan yang mendapatkan layanan backend dari vendor tanpa server dikenakan biaya berdasarkan penggunaan, bukan jumlah bandwidth atau jumlah server yang tetap.

Apa itu Komputasi Tanpa Server?

Komputasi tanpa server adalah model eksekusi berdasarkan permintaan berbasis cloud di mana pelanggan menggunakan sumber daya hanya berdasarkan penggunaan aplikasi mereka. Tidak seperti model mesin virtual tradisional dimana pelanggan harus membangun dan mengelola seluruh VM, komputasi tanpa server menyediakan kemampuan untuk membeli hanya siklus CPU dan memori yang diperlukan untuk mendukung aplikasi menggunakan model bayar per penggunaan berbasis peristiwa.

Hal ini memungkinkan tim untuk menghindari banyak biaya dan waktu yang terkait dengan pengelolaan perangkat keras, platform, dan sistem operasi di lokasi, sekaligus mendapatkan fleksibilitas untuk menskalakan dengan cepat dan efisien.

Dalam paradigma ini, dimungkinkan untuk menjalankan seluruh arsitektur tanpa menyentuh server virtual tradisional, baik secara lokal maupun di cloud. Sumber daya tanpa server sangat fleksibel dan disesuaikan berdasarkan aplikasi. REST API , autentikasi, database, email, dan pemrosesan video semuanya memiliki tempat di platform tanpa server. Skala layanan untuk memenuhi permintaan. Tidak perlu merencanakan sumber daya tambahan, memperbarui sistem operasi, atau menginstal kerangka kerja karena penyedia pada dasarnya adalah administrator sistem Anda.

Sebaliknya, model komputasi tradisional bergantung pada mesin virtual atau fisik, di mana setiap instance mencakup sistem operasi yang lengkap, siklus CPU, dan memori. Virtualisasi adalah contoh yang bagus. VMware mengkomersialkan ide mesin virtual (VM), dan penyedia cloud menganut konsep yang sama dengan layanan seperti Amazon EC2 , Google Compute , dan mesin virtual Azure. Komputasi tanpa server adalah pendekatan baru yang menyederhanakan pengelolaan dan mengurangi biaya.

Cara Kerja Komputasi Tanpa Server

Mengelola server adalah proses yang kompleks dan sering kali melibatkan banyak kerja keras. Menyiapkan server dan menyebarkan server ke aplikasi Anda hanyalah langkah pertama. Anda juga harus memantaunya, melakukan perawatan rutin, mengkonfigurasinya, memperbarui server dan aplikasi, menskalakan sesuai permintaan, dll.

Sebaliknya, tanpa server melepaskan Anda dari semua tanggung jawab ini. Semuanya diabstraksikan, sehingga pengembang dapat fokus pada kebutuhan bisnis tanpa khawatir tentang pengelolaan infrastruktur yang mendasarinya.

Dengan menggunakan bahasa pemrograman pilihan mereka, paling umum Python dan Node.js, pengembang menggunakan sumber daya pihak ketiga untuk meng-host aplikasi. Dengan demikian, hosting aplikasi menjadi cepat dan efisien.

Namun, dari sudut pandang pengembang, hampir seolah-olah server tidak ada. Oleh karena itu istilah “tanpa server.” Faktanya adalah, server masih memberi Anda layanan back-end, tetapi mereka berada di latar belakang dengan vendor yang menangani semuanya.

Kemampuan utama komputasi tanpa server

Pada tingkat dasarnya, fungsi tanpa server menghilangkan kebutuhan pengguna akhir untuk mengelola infrastruktur secara manual. Pada gilirannya, ini menyediakan kemampuan utama ini:

  • Menjalankan kode yang berada sebagai fungsi tanpa memerlukan pengguna untuk secara eksplisit menyediakan atau mengelola infrastruktur seperti server , VM, dan container.
  • Secara otomatis menyediakan dan menskalakan lingkungan runtime, termasuk semua sumber daya dasar yang diperlukan (khususnya lingkungan komputasi, penyimpanan, jaringan, dan eksekusi bahasa) yang diperlukan untuk menjalankan banyak instans fungsi bersamaan.
  • Menawarkan kemampuan tambahan untuk lingkungan pengujian dan pengembangan bersama dengan tujuan jaminan layanan, seperti pemantauan, pencatatan, pelacakan, dan debugging.

Keuntungan dan kerugian komputasi tanpa server

Haruskah Anda mengabaikan penyiapan saat ini dan pindah ke tumpukan tanpa server? Mari kita menggali pro dan kontra.

Keuntungan dari komputasi tanpa server meliputi:

  • Biaya. Anda hanya akan membayar untuk apa yang Anda gunakan. Di beberapa model berbasis cloud lainnya, Anda akan memesan ruang (apakah Anda menggunakannya atau tidak).
  • Fleksibilitas. Model tanpa server menskalakan tanpa campur tangan Anda.
  • Ketepatan. Pengembang dapat fokus pada fungsi tertentu daripada mengkhawatirkan arsitektur back-end yang mendukung tindakan itu. Pemisahan kekuasaan ini dapat memungkinkan kode yang lebih bersih.
  • Kecepatan.  Pengembang tidak perlu membuang waktu untuk mengkhawatirkan estimasi dan alokasi ruang server.

Kelemahan dari komputasi tanpa server meliputi:

  • Keamanan. Anda akan menyerahkan sebagian data Anda ke perusahaan lain yang mungkin atau mungkin tidak melindunginya. Dari 60 persen perusahaan yang tidak mengadopsi sistem tanpa server, kekhawatiran utama mereka dengan model ini adalah keamanan dan ketakutan akan hal yang tidak diketahui.
  • Pribadi. Sumber daya Anda dibagikan di lingkungan cloud yang juga dapat dihuni oleh orang lain.
  • Kompleksitas. Jika ada sesuatu yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, menemukan masalahnya bisa jadi sulit. Anda akan memiliki banyak ruang untuk dilihat.
  • Kontrak.  Beberapa vendor mengunci klien mereka ke dalam perjanjian jangka panjang.

Masa Depan Tanpa Server

Dengan pasar tanpa server global yang diperkirakan akan tumbuh pada Tingkat Pertumbuhan Tahunan Majemuk (CAGR) sebesar 30% dan mencapai USD 16 miliar pada tahun 2026, tanpa server akan terus menjadi opsi komputasi yang bertahan lama dan layak. Komputasi tanpa server adalah opsi hemat biaya bagi pelanggan yang ingin mengeksekusi kode tanpa beban tambahan dari perencanaan kapasitas dan penyediaan sumber daya.

Selain itu, pendekatan berbasis peristiwa menjanjikan untuk menjadi pengubah permainan bagi perusahaan yang mencari biaya operasional yang rendah bersama dengan opsi waktu-ke-pasar yang lebih cepat. Namun, karena mungkin tidak ideal untuk semua skenario, bisnis perlu waspada terhadap jebakan sebelum beralih ke kereta musik tanpa server.

Sekilas tentang Komputasi Kuantum

Kesimpulan

Komputasi tanpa server adalah teknik yang ampuh untuk menyederhanakan penerapan aplikasi sambil menghemat uang. Namun, karena keterbatasan seperti penguncian platform dan kontrol terbatas, penting untuk menggunakan fungsi tanpa server secara strategis dengan tetap menggunakan kasus penggunaan di mana tanpa server masuk akal.

Anda telah membaca materi pembahasan singkat tentang "Mengenal Komputasi Tanpa Server" yang telah dipublikasikan oleh Pemain Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *