Sejarah Internet dan WWW

Sejarah Internet dan WWW

Dalam artikel ini akan dijelaskan segala sesuatu tentang sejarah Internet, garis waktu perjalanan internet, dan asal mula World Wide Web. Juga diulas tentang gelembung dotcom.

Sejarah Internet

Hari ini kita semua tahu apa itu Internet, sampai-sampai seluruh generasi tidak dapat lagi membayangkan dunia tanpa jaringan komunikasi global yang hebat ini, yang sejarahnya cukup baru.

Anteseden (hal ihwal yang terjadi dahulu) pertama Internet adalah telekomunikasi, yang perwakilan modern pertamanya adalah telegraf pada akhir abad ke-19. Di sisi lain, penemuan komputer juga diperlukan, contoh pertama adalah mesin penghitung yang dibuat untuk tujuan perang selama Perang Dunia II.

Jadi, berkat banyak penemuan dan penemuan, di pertengahan abad ke-20, ide pertama tentang jaringan komunikasi (dan kemudian, jaringan komputerisasi) muncul.

Penyebutan pertama dari interkoneksi sosial terkomputerisasi, di bawah konsep jaringan, berasal dari serangkaian memorandum oleh Joseph Carl Robnett Licklider dari Amerika (1915-1990), yang dijuluki “Lick”, di Massachusetts Institute of Technology (MIT), di Amerika Serikat. Dalam memorandum ini, tertanggal Agustus 1962, “Lick” mendukung apa yang disebutnya “Jaringan Galaksi”.

Pada 1950-an dan 1960-an ada jaringan komputer sederhana, yang didedikasikan untuk sistem reservasi bandara (SABRE) dan sistem kontrol pertahanan dan militer (AUTODIN I). Juga, pada tahun 1960-an, produsen komputer telah memasukkan teknologi semikonduktor ke dalam produk mereka.

Dengan demikian, cara baru untuk mengelola waktu dan sumber daya lahir, memungkinkan komputer besar untuk “melayani” pengguna yang berbeda pada saat yang sama, dengan cara yang cepat dan efisien sehingga memberi kesan didedikasikan secara eksklusif untuk masing-masing pengguna. Dari situlah muncul ide untuk memiliki komputer “tamu” ( host ) dan server ( server ).

Salah satu sistem komputerisasi multiguna pertama adalah ARPANET , yang muncul pada tahun 1969, sebuah proyek militer dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Sistem ini menghubungkan pengguna yang berbeda ke komputer dari universitas yang berbeda di negara ini. Di kepala proyek ini adalah Joseph Licklider sendiri.

Itulah mengapa menjadi penting untuk membuat protokol komunikasi yang memungkinkan komputer yang berbeda untuk “berbicara” dalam bahasa yang sama, sehingga untuk berbicara.

Pada tahun 1973 ARPANET dan NORSAR (jaringan komputerisasi Norwegia untuk mendeteksi gempa bumi dan ledakan nuklir), mulai bertukar informasi terkomputerisasi, tepat sebelum Inggris Raya juga bergabung dengan proyek tersebut. Akhirnya, kebutuhan akan protokol komunikasi umum menyebabkan lahirnya protokol TCP/IP pada tahun 1982 .

Selama tahun 1980-an, Internet tumbuh dan perlahan membuka diri untuk dunia komersial , meskipun masih dalam kriteria yang tidak terlalu jelas. ARPANET terus tumbuh dan terhubung dengan jaringan asing lainnya di seluruh dunia, melepaskan diri dari kekuatan militernya dalam prosesnya, hingga penutupannya pada awal 1990-an.

Kemudian, proyek serupa lainnya dari American National Science Foundation (National Science Foundation) menyerap ARPANET lama, untuk menciptakan NSFNET, jaringan besar ilmuwan dan universitas. Inilah cikal bakal dari apa yang kita kenal sekarang sebagai Internet, yang pada tahun 1990 sudah memiliki 100.000 server di dunia.

Istilah “Internet” diusulkan pada tahun 1990-an sebagai singkatan dari Interconnected Networks, namun ada juga yang mengartikannya sebagai International NET .

Kelahiran World Wide Web (WWW)

World Wide Web, yang pada saat itu dikenal sebagai “web di seluruh dunia”, adalah penemuan orang Inggris Tim Berners-Lee (1955-) dan Robert Cailliau dari Belgia (1947-), yang bekerja di CERN (Dewan Eropa untuk Riset Nuklir).

Ini menanggapi kebutuhan untuk merancang sistem pengambilan untuk sejumlah besar informasi yang tersedia di Internet yang baru lahir, menghubungkan informasi logis dan konten tekstual yang diprogram dalam “label” yang, kemudian, program penerjemah mampu “membaca” dan menampilkan informasi. informasi.

Inilah bagaimana program pertama yang mampu melakukannya muncul, yang disebut “mesin pencari” atau browser, dan yang sekarang kita kenal sebagai ” browser “. Browser pertama adalah Mosaic, yang muncul pada tahun 1993, dibuat oleh Marc Andreesen dari Amerika, orang yang sama yang kemudian menciptakan browser komersial pertama, Netscape.

Jenis program ini adalah kunci penyebaran Internet, penggunaannya oleh pengguna yang tidak terspesialisasi, dan oleh karena itu jangkauan globalnya yang kita kenal sekarang.

Gelembung dotcom

Itu dikenal sebagai gelembung dotcom atau bubble dotcom ke periode pertumbuhan keuangan yang sangat besar dari perusahaan- perusahaan Barat yang terhubung ke Internet , dan kemudian disebut “ekonomi baru”.

Booming ini terjadi antara tahun 1997 dan 2001 , dan ditandai dengan kemunculan besar-besaran perusahaan baru yang terkait dengan sektor digital, yang dikenal sebagai perusahaan dotcom (istilah yang berasal dari domain Internet mereka yang diakhiri dengan .com ). Banyak dari mereka mengalami kebangkrutan spektakuler selama periode ini, terutama ketika gelembung pecah pada awal abad baru.

Apa yang disebut “krisis gelembung dotcom” telah diprediksi oleh banyak investor sejak awal, sebagian karena volatilitas pasar keuangan, yang di pasar saham seperti New York mencatat harga di atas 5.000 poin pada bulan Maret tahun ini. .2000.

Namun, pada Oktober 2002 tercatat 1.300 poin, bahkan lebih sedikit dari yang semula pada 1996. Selama periode ini, antara tahun 2000 dan 2003, sekitar 4.850 perusahaan yang terhubung ke Internet menghilang , karena bangkrut atau diserap oleh perusahaan yang lebih kuat.

Mencegah dan Mengurangi Pelanggaran Data

Garis waktu sejarah internet

Berikut ini adalah urutan waktu peristiwa besar dalam sejarah Internet:

1958 – Modem pertama yang mampu mentransmisikan data melalui saluran telepon dibuat di BELL Laboratories.

1964 – Konferensi pertama tentang proyek ARPANET.

1969 – Leonard Kleinrock, pendukung teori packet data switching sejak tahun 1961, menghubungkan 4 komputer universitas pertama di AS.

1971 – ARPANET sekarang mencakup 23 komputer di Amerika Serikat. Roy Thompson mengirimkan email pertama dalam sejarah.

1973 – Inggris Raya dan Norwegia terhubung ke ARPANET.

1974 – Vint Cerf dan Bob Khan menggunakan istilah “Internet” untuk pertama kalinya.

1976 – Kabel koaksial ditemukan yang akan memberikan dorongan besar pada koneksi digital.

1978 – Pesan email yang tidak diminta ( SPAM ) pertama dikirim ke 600 pengguna ARPANET.

1982 – Protokol TCP/IP diperkenalkan ke jaringan.

1984 – Jaringan memiliki sekitar 1000 komputer yang terhubung.

1989 – Jaringan memiliki sekitar 100.000 komputer yang terhubung.

1990 – Penutupan ARPANET dan kemunculan Internet komersial.

1991 – Peluncuran publik World Wide Web.

1992 – Jaringan memiliki sekitar 1.000.000 komputer yang terhubung.

1993 – Browser pertama, NCSA Mosaic, muncul.

1994 – Pendirian Yahoo dan mesin pencarinya , Lycos. Geocities muncul, salah satu komunitas online pertama dari jaringan.

1995 – Microsoft Explorer dan Netscape Navigator dirilis.

1996 – Jaringan ini memiliki sekitar 10.000.000 komputer yang terhubung. Ponsel pertama dengan akses ke jaringan muncul, Nokia 9000 Communicator.

1998 – Google lahir dan menjadi mesin pencari online terbesar.

1999 – Blog menjadi populer di komunitas online, terutama sejak diluncurkannya Blogger.com.

2000 – Desas-desus tentang keruntuhan keuangan menyebar karena fenomena Y2k, yang menurutnya komputer akan mencatat semuanya kembali ke tahun 1900. Tidak ada yang terjadi.

2001 – Gelembung dotcom pecah.

2003 – Ensiklopedia online terbesar muncul: Wikipedia, dan jejaring sosial pertama yang tepat: MySpace.

2004 – Google mengumumkan layanan emailnya: Gmail. Mark Zuckerberg mendirikan Facebook dan memulai “ledakan” jejaring sosial .

2005 – YouTube didirikan.

2008 – Partisipasi pertama dalam pemilihan melalui Internet di Amerika Serikat dirayakan.

2016 – Implementasi protokol web terbaru, IPv6, dimulai, menggantikan IPv4 yang berlaku sejak implementasinya pada tahun 1983 di ARPANET.

Anda telah membaca materi pembahasan singkat tentang "Sejarah Internet dan WWW" yang telah dipublikasikan oleh Pemain Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *