Alasan Keamanan Data itu Penting

Keamanan Data itu Penting

Keamanan data mengacu pada proses melindungi data dari akses yang tidak sah dan korupsi data sepanjang siklus hidupnya. Keamanan data mencakup enkripsi data, hashing, tokenization, dan praktik manajemen kunci yang melindungi data di semua aplikasi dan platform.

Apa itu Keamanan Data?

Keamanan data adalah proses melindungi data perusahaan dan mencegah kehilangan data melalui akses yang tidak sah. Ini termasuk melindungi data Anda dari serangan yang dapat mengenkripsi atau menghancurkan data, seperti ransomware , serta serangan yang dapat mengubah atau merusak data Anda. Keamanan data juga memastikan data tersedia bagi siapa saja di organisasi yang memiliki akses ke data tersebut.

Beberapa industri memerlukan tingkat keamanan data yang tinggi untuk mematuhi peraturan perlindungan data. Misalnya, organisasi yang memproses informasi kartu pembayaran harus menggunakan dan menyimpan data kartu pembayaran dengan aman, dan organisasi perawatan kesehatan di AS harus mengamankan informasi kesehatan pribadi (PHI) sesuai dengan standar HIPAA.

Tetapi bahkan jika organisasi Anda tidak tunduk pada peraturan atau standar kepatuhan, kelangsungan bisnis modern bergantung pada keamanan data, yang dapat mempengaruhi aset utama organisasi dan data pribadi milik pelanggannya.

Mengapa Keamanan Data Penting?

Semua bisnis saat ini berurusan dengan data sampai tingkat tertentu. Dari raksasa perbankan yang menangani volume besar data pribadi dan keuangan hingga bisnis satu orang yang menyimpan detail kontak pelanggannya di ponsel, data berperan di perusahaan besar dan kecil.

Tujuan utama dari keamanan data adalah untuk melindungi data yang dikumpulkan, disimpan, dibuat, diterima, atau ditransmisikan oleh organisasi. Kepatuhan juga menjadi pertimbangan utama. Tidak masalah perangkat, teknologi, atau proses mana yang digunakan untuk mengelola, menyimpan, atau mengumpulkan data, itu harus dilindungi.  Pelanggaran data dapat mengakibatkan kasus litigasi dan denda besar, belum lagi merusak reputasi organisasi. Pentingnya melindungi data dari ancaman keamanan lebih penting saat ini daripada sebelumnya.

Manfaat Keamanan Data

Kehilangan atau pengungkapan data berharga yang tidak sah bisa sangat merugikan organisasi. Itu alasan keamanan data cukup berguna. Contohnya:

  • Melindungi semua informasi berharga: Informasi sensitif tidak boleh bocor. Apakah kita berbicara tentang rincian nasabah bank atau informasi pasien rumah sakit; ini adalah informasi penting yang tidak dimaksudkan untuk setiap mata yang mengintip. Keamanan data menyimpan semua informasi ini persis di tempat yang seharusnya.
  • Penting untuk reputasi Anda: Setiap organisasi yang dapat menyimpan rahasia juga membantu membangun kepercayaan di antara semua pemangku kepentingan termasuk pelanggan, yang mengetahui bahwa data mereka aman dan terlindungi.
  • Pemasaran dan keunggulan kompetitif: Menjaga informasi sensitif dari akses dan pengungkapan ilegal membuat Anda lebih unggul dari pesaing Anda. Mencegah akses apa pun ke rencana pengembangan atau ekspansi Anda di masa depan adalah kunci untuk mempertahankan keunggulan kompetitif Anda.
  • Menghemat biaya pengembangan dan dukungan: Semakin awal Anda memasukkan fitur keamanan ke dalam aplikasi Anda, semakin sedikit biaya yang mungkin Anda keluarkan dari dukungan dan biaya pengembangan di masa mendatang dalam hal modifikasi kode.

Teknologi Keamanan Data yang Berbeda

Teknologi keamanan data hadir dalam berbagai bentuk dan bentuk serta melindungi data dari ancaman yang semakin banyak. Banyak dari ancaman ini berasal dari sumber eksternal, tetapi organisasi juga harus memfokuskan upaya mereka untuk melindungi data mereka dari dalam juga. Cara mengamankan data antara lain:

  • Enkripsi data: Enkripsi data menerapkan kode ke setiap bagian data dan tidak akan memberikan akses ke data terenkripsi tanpa diberikan kunci resmi
  • Penyembunyian data : Penyembunyian area data tertentu dapat melindunginya dari pengungkapan ke sumber jahat eksternal, dan juga personel internal yang berpotensi menggunakan data tersebut. Misalnya, 12 digit pertama nomor kartu kredit mungkin disembunyikan dalam database.
  • Penghapusan data: Ada kalanya data yang sudah tidak aktif atau digunakan perlu dihapus dari semua sistem. Misalnya, jika pelanggan telah meminta agar namanya dihapus dari milis, detailnya harus dihapus secara permanen.
  • Ketahanan data: Dengan membuat salinan cadangan data, organisasi dapat memulihkan data jika terhapus atau rusak secara tidak sengaja, atau dicuri selama pelanggaran data.

Ancaman Teratas terhadap Keamanan Data

Ketika orang berpikir tentang ancaman terhadap keamanan data, hal pertama yang sering terlintas dalam pikiran adalah hacker yang membobol server Anda. Namun kenyataannya, ancaman utama terhadap keamanan data sering kali bersifat internal dan merupakan akibat dari perilaku tidak aman karyawan Anda.

Misalnya, IBM dan The Ponemon Institute mempelajari akar penyebab pelanggaran data pada tahun 2020 dan menemukan bahwa dua penyebab teratas adalah kredensial yang dikompromikan (seringkali karena kata sandi yang lemah) dan kesalahan konfigurasi cloud (membuat data sensitif dapat diakses oleh publik):

Salah satu penyebab utama pelanggaran data ( phishing scams ) juga dapat dicegah dengan pelatihan karyawan yang tepat. Penelitian IBM menunjukkan bahwa mengajari karyawan cara mengenali email phishing dan serangan rekayasa sosial lainnya akan membantu mengurangi pelanggaran data sebesar 17%.

Semua itu untuk mengatakan, sementara teknologi seperti firewall penting untuk melindungi data Anda dari ancaman keamanan, kewaspadaan tim Anda mungkin lebih dari itu.

Tren keamanan data

  • AI: AI memperkuat kemampuan sistem keamanan data karena dapat memproses data dalam jumlah besar. Komputasi Kognitif, bagian dari AI, melakukan tugas yang sama seperti sistem AI lainnya tetapi melakukannya dengan mensimulasikan proses pemikiran manusia. Dalam keamanan data, ini memungkinkan pengambilan keputusan yang cepat pada saat dibutuhkan.
  • Keamanan multicloud: Definisi keamanan data telah berkembang seiring dengan berkembangnya kemampuan cloud. Sekarang organisasi membutuhkan solusi yang lebih kompleks karena mereka mencari perlindungan tidak hanya untuk data tetapi juga aplikasi dan proses bisnis berpemilik yang berjalan di cloud publik dan pribadi.
  • Quantum: Sebuah teknologi revolusioner, quantum menjanjikan untuk menjungkirbalikkan banyak teknologi tradisional secara eksponensial. Algoritma enkripsi akan menjadi jauh lebih beragam, semakin kompleks, dan jauh lebih aman.

Apa itu DNS Spoofing?

Kesimpulan

Mengembangkan proses keamanan data berbasis risiko adalah kunci untuk menjaga keamanan data Anda. Dengan mengidentifikasi dan mengklasifikasikan data Anda, memahami dan mengurangi risiko TI, dan menerapkan kontrol yang sesuai, Anda dapat memperkuat keamanan dan kepatuhan data.

Anda telah membaca materi pembahasan singkat tentang "Alasan Keamanan Data itu Penting" yang telah dipublikasikan oleh Pemain Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *