Pengertian Pusat Data Virtual dan Manfaatnya

Tantangan ekonomi yang terus meningkat dan keterbatasan fisik ruang dan kekuatan memberikan tekanan signifikan pada organisasi, memaksa mereka untuk mengeksplorasi arsitektur Data Central baru. Data Central virtual adalah salah satu arsitektur baru tersebut. Ini menghilangkan banyak tantangan Data Central tradisional dengan mengurangi biaya, meminimalkan kompleksitas, dan meningkatkan kelincahan TI.

Data Central Virtual

Apa itu Data Central Virtual?

Data Central Virtual atau pusat data virtual adalah abstraksi perangkat lunak dari Data Central fisik yang menyediakan perusahaan bisnis dengan berbagai komponen infrastruktur cloud seperti server, cluster penyimpanan dan komponen jaringan lainnya.

Data Central virtual dapat disesuaikan untuk menyertakan kemampuan komputasi awan seperti daya pemrosesan, memori, penyimpanan, dan bandwidth yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik.

Data Central virtual dapat diterapkan di tempat atau melalui beberapa lingkungan cloud – publik, pribadi, atau hibrida. Ketika diimplementasikan dengan cara ini, ia dapat mengakses melalui model Infrastructure as a Service (IaaS) – memberi perusahaan akses ke aset berbasis cloud sambil mempertahankan kendali atas perangkat keras fisik mereka.

Cara Kerja Data Central Virtual

Arsitektur Data Central dirancang untuk menyediakan jenis sumber daya tertentu bagi organisasi. Ini termasuk kekuatan pemrosesan, juga disebut “komputasi” (CPU), penyimpanan (RAM dan ruang disk), dan konektivitas jaringan. Meskipun organisasi dapat menerapkan semua sumber daya ini di Data Central lokal, sumber daya yang sama ini tersedia untuk disewa di cloud. Alih-alih membeli dan memelihara infrastruktur fisik mereka, Data Central virtual memungkinkan organisasi untuk menyewa infrastruktur virtual dari penyedia cloud yang dibutuhkan.

Manfaat Data Central Virtual

Di bawah ini adalah manfaat utama dari Data Central virtual dan alasan mengapa memilih virtualisasi mungkin lebih masuk akal daripada berinvestasi dalam pengaturan TI fisik.

Manajemen Biaya dan Profitabilitas

Organisasi progresif memastikan bahwa investasi TI mereka selaras dengan tujuan bisnis strategis mereka. Oleh karena itu, biaya infrastruktur TI menjadi pertimbangan utama. Dalam lingkungan Data Central virtual, aplikasi perangkat lunak atau layanan dipisahkan dari perangkat keras, memungkinkan fleksibilitas untuk mengoperasikan beberapa beban kerja TI pada kumpulan sumber daya infrastruktur bersama. Ini berarti peningkatan pemanfaatan sumber daya karena setiap komponen perangkat keras dikonsumsi secara optimal untuk pemberdayaan bisnis yang sebenarnya.

Menurut laporan penelitian Gartner baru-baru ini, 38 persen pengeluaran TI dikendalikan oleh lini unit bisnis, dan ketakutan akan penguncian vendor, lingkungan infrastruktur yang tidak fleksibel, dan masalah integrasi mencegah organisasi melakukan rute yang paling menguntungkan dengan investasi TI mereka. . Dengan memperluas prinsip virtualisasi ke seluruh pusat data, organisasi dapat memanfaatkan infrastruktur perangkat keras yang ideal untuk mengubah kasus penggunaan TI berbasis bisnis guna memaksimalkan keuntungan.

Penyediaan Lebih Cepat

Di masa lalu, penyediaan server baru bisa memakan waktu berminggu-minggu, terkadang bahkan berbulan-bulan. Dan orientasi karyawan baru bisa memakan waktu berjam-jam. Dalam setiap kasus, perangkat keras baru harus dibeli, dikirim, dan diterima, dan kemudian menghabiskan waktu berjam-jam untuk menginstal sistem operasi dan server atau perangkat lunak khusus pekerjaan.

Dengan virtualisasi pusat data, administrator TI dapat menyiapkan server dan desktop virtual dalam hitungan menit dari gambar atau template master yang telah dikonfigurasi sebelumnya atau dengan mengkloning mesin virtual yang ada.

Teknologi Data Central virtual memungkinkan bisnis untuk mendapatkan sumber daya TI tambahan dalam hitungan menit sebagai tanggapan terhadap perubahan kebutuhan bisnis atau peluang baru.

Keamanan Lebih Sederhana

Secara keseluruhan, mengelola keamanan di VDC (Virtual Data Center) lebih sederhana daripada melindungi Data Central tradisional. Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan fisik.

Sejauh keamanan tingkat TI berjalan, perusahaan dengan VDC dapat mengatur kebijakan keamanan yang berbeda untuk kasus penggunaan, pendekatan, dan persyaratan perlindungan yang berbeda. Kebijakan keamanan cloud yang cerdas dan strategis juga dapat membantu memastikan bahwa tugas terkait VDC tidak membahayakan data dan aplikasi yang berharga.

Sebagian besar penyedia mendukung klien dengan layanan keamanan cyber yang berbeda . Vendor biasa menawarkan pemulihan bencana dan layanan kesinambungan bisnis yang memungkinkan Anda memanfaatkan snapshot VM secara maksimal.

Mobilitas Data

Karyawan harus mengakses database bisnis, perangkat lunak, dan sumber daya yang dapat didistribusikan di sekitar kantor perusahaan karena semakin banyak organisasi yang beralih ke tenaga kerja jarak jauh. Mobilitas data menjadi kebutuhan yang semakin kritis. Ketidakmampuan untuk memperoleh informasi dengan segera dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan, pertumbuhan produk yang tertunda, dan bahkan pelanggan yang tidak puas.

Skalabilitas

Lingkungan komputasi berbasis cloud dirancang untuk skalabilitas. Setiap perusahaan yang mengalami tingkat pertumbuhan tinggi harus mempertimbangkan untuk menerapkan Data Central tervirtualisasi. Data Central virtual memaksimalkan kemampuan bisnis untuk memenuhi kebutuhan sumber daya yang meningkat dari bisnis yang berkembang dengan alokasi bandwidth, kapasitas penyimpanan, dan sumber daya TI lainnya yang tepat waktu.

Ini juga cocok untuk perusahaan yang mengalami peningkatan musiman dalam aktivitas bisnis. Selama waktu puncak, memori virtual, daya pemrosesan, dan penyimpanan dapat ditambahkan dengan biaya lebih rendah dan dalam jangka waktu yang lebih cepat daripada membeli dan memasang komponen pada mesin fisik. Kemudian, ketika permintaan melambat, sumber daya virtual dapat diperkecil, menghilangkan pengeluaran yang tidak perlu.

Apa itu Komputasi Kabut?

Mengapa Data Central Virtual berguna

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu Data Central virtualisasi, ada baiknya untuk memahami apa yang membuatnya berharga.

Hal hebat tentang Data Central virtual adalah, karena sumber daya digunakan bersama, Anda selalu mendapatkan jumlah yang tepat. Saat Anda menggunakan aplikasi atau program yang membutuhkan banyak daya komputasi, Anda dapat mengaksesnya. Ketika Anda tidak membutuhkan kekuatan, Anda tidak menggunakannya. Itu berarti Anda hanya membayar untuk apa yang Anda butuhkan dan saat Anda membutuhkannya.

Kesimpulan

Data Central Virtual adalah hasil alami dari model komputasi Infrastruktur-sebagai-Layanan (IaaS). Dengan biaya masuk yang rendah dan kemampuan untuk berintegrasi dengan mudah dengan infrastruktur TI yang ada, VDC ideal untuk bisnis apa pun yang ingin go digital.


Anda telah membaca materi pembahasan singkat tentang "Pengertian Pusat Data Virtual dan Manfaatnya" yang telah dipublikasikan oleh Pemain Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Pemain Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *